Selasa, 08 Juli 2008

Lantai Pracetak dan Cetak ditempat.

Pernahkah anda membayangkan bagaimana cara pengecoran gedung besar yang mempunyai berpuluh-puluh lantai? Apakah proses pengerjaannya sama dengan pengecoran lantai rumah sederhana??

Ternyata tidak. Setelah saya mempelajari struktur bangunan di tingkat Universitas, saya baru mengetahui bahwa ada sistem lantai pracetak dan cetak ditempat. Apa perbedaannya??

Sistem lantai menggunakan pracetak, ternyata lantai dan tulangan-tulangannya telah dicetak dan dikeraskan di pabrik. Jadi para pengguna tinggal menyusunnya di lantai yang akan dibangun dan dilakukan penyambungan-penyambungan dengan kolom. Ada keuntungan dan kerugiannya. Keuntungannya yaitu kita tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengecoran, biaya yang dikeluarkan sedikit lebih hemat, tidak memerlukan bekisting dalam melakukan pengecoran. Kerugiannya sistem ini hanya cocok dalam peningkatan lantai di gedung-gedung besar, dan dibutuhkan alat angkut berat dan akses jalan yang baik.

Sementara cetak ditempat yaitu proses pengecoran dan perkerasannya pun dilakukan di tempat lantai yang akan dibuat. Prosesnya membutuhkan waktu lama, karena dibutuhkan bekisting dan waktu untuk keringnya bahan coran. Namun disetiap lokasi dapat dijangkau. Semisal peningkatan bangunan rumah tinggal lebih efektip menggunakan cetak ditempat.

Tidak ada komentar: