Rabu, 02 Juli 2008

TENTANG TEKNIK SIPIL….

Apa itu teknik sipil??

Teknik sipil adalalah suatu jurusan / teknik dimana semua berhubungan dengan sarana dan prasarana orang sipil di dunia. Segala sesuatunya pasti membutuhkan orang-orang teknik sipil. Semisal dalam pembangunan rumah tempat tinggal, membangun gedung perkantoran, pendidikan, jalan raya, jembatan, bahkan system transportasinya pun dibuat oleh orang teknik sipil. Bayangkan di dinia ini tidak ada orang teknik sipil??. Para dokter tidak bisa bekerja dirumah sakit karena tidak ada yang membangun rumah sakit, para guru tidak bisa mengajar karena tidak ada yang membangun sekolah. Intinya semua jenis pekerjaan pasti membutuhkan teknik sipil didalamnya.

Apa perbedaan teknik sipil dengan arsitektur??

Jelas sangat berbeda. Dari katanya pun sudah berbeda. Teknik sipil pada dasarnya tidak merancang bangunan atau objek lainnya tidak berdasarkan keindahan, tetapi berdasarkan kekuatan, kenyamanan, dan tidak mengganggu sistem lain. Para teknik sipil juga tidak terfokus pada menggambar, tetapi harus mengerti gambar. Kebanyakan orang sipil bermain hitungan sementara arsitek lah yang merancang gambar.

Apa yang dipelajari dalam teknik sipil??

Menggambar tentunya, namun porsinya tidak sebesar struktur ataupun analitis dan mekanika. Dalam struktur, kita akan mempelajari struktur yang biasa digunakan dalam pembangunan, seperti kayu, tanah, baja dll. Sementara dalam analitis, kita akan menganalitis dari struktur tersebut. Seseorang yang sudah memutuskan menceburkan diri dalam dunia teknik sipil harus bersiap menghadapi hitungan yang lumayan rumit. Namun semua akan terasa mudah jika dilakukan dengan niat yang besar.

Tidak ada komentar: